Skip to content

#quiettime : Pertobatan dan Pengampunan

MARKUS 14 : 66-72

Masih di satu pasal yang sama, sebelum Yesus ditangkap oleh imam-imam kepala dan ahli-ahli taurat, Yesus sudah bilang ke Petrus kalau Petrus akan menyangkal Yesus.

Di penutup pasal 14 hal tersebut terjadi. Petrus menyangkal Yesus

Pada waktu itu Petrus masih ada di bawah, di halaman. Lalu datanglah seorang hamba perempuan Imam Besar, 

dan ketika perempuan itu melihat Petrus sedang berdiang, ia menatap mukanya dan berkata: ”Engkau juga selalu bersama-sama dengan Yesus, orang Nazaret itu.” 

Tetapi ia menyangkalnya dan berkata: ”Aku tidak tahu dan tidak mengerti apa yang engkau maksud.” Lalu ia pergi ke serambi muka [dan berkokoklah ayam].

Dan hal tersebut Petrus lakukan tiga kali sebelum ayam berkokok kedua kalinya, persis seperti yang Yesus katakan padanya.

Dan pada saat itu berkokoklah ayam untuk kedua kalinya. Maka teringatlah Petrus, bahwa Yesus telah berkata kepadanya: ”Sebelum ayam berkokok dua kali, engkau telah menyangkal Aku tiga kali.”

Lalu menangislah ia tersedu-sedu.


HELGA LEARNS

Aku mencoba memakai kacamata Petrus saat itu… mungkin kalau aku yang jadi Petrus, aku akan melakukan hal yang sama, karena aku pun ketakutan.

Selain itu, murid-murid Yesus adalah orang-orang muda, yang mungkin saja kondisi mereka sangat gamang melihat semua hal itu.

Aku keinget, pas Tuhan Yesus hidup di dunia umurnya 33 tahun…. Masih muda banget. Jarak umurnya masih dekat sama aku yang 28 tahun… Waw… (maap salfok hehe).

Tapi intinya, pasti gamang sekali sih.

lalu menangislah ia tersedu-sedu.

Penyesalan Petrus tidak sampai di menangis tersedu-sedu saja. Pada cerita selanjutnya pun Petrus adalah orang yang kita lihat di Alkitab kembali menjadi seorang nelayan. Sampai akhirnya saat Tuhan Yesus bangkit, Tuhan sendirilah yang nyamperin dia di pantai tempat dia menangkap ikan.

Tuhan yang nyamperin Petrus untuk memulihkan dirinya dari rasa penyesalan dan dosa. Baru di moment itulah Petrus mengalami moment imannya untuk bisa sungguh-sungguh menjadi murid Yesus.


HELGA CAN DO

Kemarin di komsel Clay membahas beberapa tokoh Alkitab yang hidupnya tidak sempurna, berdosa, tapi Tuhan tetap pakai hidup mereka dengan luar biasa.

Itu artinya, semua manusia yang Tuhan pakai pasti pernah melakukan dosa, termasuk Petrus.

Tapi yang aku lihat, malah karena kita tau kalau kita melakukan dosa, kita semakin butuh Tuhan untuk bisa melindungi kita dari dosa.

Bahkan walau sudah berbuat dosa pun, Tuhan tetap memakai orang-orang yang berdosa untuk bisa menggenapi apa yang Tuhan inginkan terjadi di dunia.

Yang bisa aku lakukan adalah bertobat, mengakui kesalahanku di hadapan Tuhan.

Karena dengan cara itu sajalah semua dosa dan penyesalan mengenai diriku yang tidak sempurna ini bisa kembali pulih.

Pertobatan setiap hari, setiap saat, dan Tuhan yang selalu mengampunilah yang akan memulihkan kita dan tetap memakai kita untuk segala tujuan-tujuan baik di hidup kita.

Amiiiin.

Sekian ya kawan-kawan. Selamat pagi dan Tuhan memberkati semua pekerjaan kita hari ini 🙂


https://www.bible.com/id/bible/306/MRK.14.TB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *